SK 2 PALSU , BEWARE !

Halo all,

Postingan kali ini sebenarnya mau dikerjain besok, tapi ga sabar pengen nulis dan share tentang ini, sebelum mood nulis ilang (akhir - akhir ini males nulis). Langsung aja ya, jadi ceritanya aku mau share beberapa info yang mungkinnnnnnnn bermanfaat untuk teman - teman yang pengen tahu emang ada ya SK 2 palsu, cara tahunya gimana?

Aku juga sama kek kalian, ga tahu gimana cara ngebedainnya, selama ini soalnya ga pernah nemu yang udah ngulas lengkap tentang cara ngebedainnya -__-  Ya gapapa ya, harus belajar dulu sebelum paham kan. Nah, makanya aku mau share ke kalian supaya ga ketipu, sayang kulit guys ..
Balik lagi ke cerita tentang SK2, aku beralih ke skin care ini karena ngeliat review dan pengalaman orang - orang dengan produk skin care Jepang ini, dan lagipula sebelumnya aku pake produk dokter K, sebenarnya ga ada masalah sama sekali dengan skin care dari dokter yang aku pake, udah lebih dari 4 tahun ga da satupun jerawat loh yang mampir di wajahku, padahal sebelumnya aku jerawatan parah, cuma karena pengen lepas dari yang namanya krim dokter dan obat minum nya (ceritanya demi persiapan rahim buat kalau nikah nanti wkwkw) jadilah aku perlahan lepas krim dokter.

Bulan pertama aku coba beli di salah satu online shop dari tokopedia, 1 bulan pertama ini aku masih coba paket basic yang isinya FTE & Toner sama cleanser yang kecil itu. Aku lihat hasilnya work it di kulitku, kulitku lebih kenyal, agak cerah, tiap habis cuci muka enakk banget rasanya. Sampai di bulan kedua masih no problem, emang aku ngalamin sedikit purging tapi it's ok karena masih bisa diatasi (purgingnya dibawah bibir bagian kanan muncul whitehead)

Menjelang bulan ketiga persediaan paket basic ku udah mulai habis, disinilah letak kesalahannya..
Aku bandel sih iya, suka nya nyari yang lebih murahhhhh. Jadi aku browsing penjual SK2 yang lebih murah, aku banding bandingin deh harganya sama seller yang sebelumnya aku beli, aku tetap liat review penjualan dia (ini masih lewat tokopedia ya) finally aku beli deh tuh paket trial basic nya lagi.
Sampai di bulan ke3 & ke4 aku dah 3x ganti seller yang jual SK2 , di dua bulan terakhir ini purging nya ga sembuh sembuh memang purgingnya masih di tempat yang sama sih tapi aku ngerasa sedikit frustasi,, kan sebelumnya ga ada jerawat disana kok ini ga ilang - ilang malah bikin gatel. Menjelang lebaran kemarin akhirnya aku mutusin untuk coba beli paket basic langsung di counter aja, aku pengen bandingin banget sama yang aku beli online ini. Akhirnya aku beli dan sekarang udah ku pake hampir sebulan.

Emang purging yang aku alamin belum hilang, aku stop dulu pake CL karena aku baca baca ada kandungan AHA yang bisa merangsang cikal jerawat. Tapi aku perhatiin purgingnya udah mendingan ketimbang sebulan yang lalu. Sebelum ceritaku makin kemana mana ini aku mau lihatin perbedaan antara isi SK2 yang aku beli di online shop dan di konter.


FYI Ini real foto ya tanpa editan (kecuali watermark)

Kiri  : FTE Mini Size beli di Online Shop terakhir
Kanan : FTE beli di konter ( botolnya pake botol bekas beli di onlen shop)

*** agak ga rela sebenarnya nuangin isi cairan FTE asli ke botol bekas yang beli di olshop (1 tetes berhargaaaa bangetttt)


 

Bahkan dalam foto dengan intensitas dan kualitas standar seperti diatas kalian bisa lihat kan perbedaan warna cairannya. Cairan KIRI cenderung lebih putih dibandingkan cairan di KANAN yang lebih keruh. FYI cairan FTE itu aslinya keruh yah bukan bening.. 

Untuk perbandingan jelas nya dengan ukuran normal seperti dibawah ini



 Apa kalian bisa melihat perbedannya sis??? kalau aku iya,, yang botol kanan cairan nya lebih seperti ada campuran yang membuat lebih kental, dibandingkan cairan di botol kiri yang lebih keliatan cair. Seems like apa ya kek cairan biasa gitu doangg.... pengaruh botol nya kali mba ???
eh tunggu dulu scrolling kebawah deh !







 Ini aku melakukan tes standar, dua botol yang isinya cairan FTE berbeda sumber ini aku guncangkan sebentar, kemudian aku diamin beberapa detik. Hasilnya cairan FTE di botol KIRI (yang beli di onlen shop terakhir ) berbuih begitu juga dengan cairan FTE di botol kanan (yang isinya dari botol asli FTE beli di konter). Tapi yang membedakan keduanya, setelah beberapa detik buih di cairan FTE botol kanan perlahan menghilang larut, sedangkan yang di botol kiri masih ada.


Hal lain yang membedakan itu dari bau nya. FTE dari botol kiri baunya cenderung lebih kuat atau tajam ketimbang FTE yang aku beli di konter. Awalnya aku pikir karena FTE yang aku beli di konter itu baru, belum dipake jadi mungkin bau nya masih standar. Nah pas udah dipake seperempat ternyata bau nya ga berubah, tetap khas FTE tapi ga tajam kek bau FTE yang di botol kiri.

Lalu gimana dengan Clear Lotion ?? 

KIRI : CLEAR LOTION Beli di Onlen Shop terakhir
KANAN : CLEAR LOTION beli di konter (belinya sepaket, konternya ga jual satuan)


Agak susah ngebedainnya beneran deh, tapi keliatan dari foto diatas kan, sama seperti FTE , Clear lotion (CL) yang aku dapat dari konter lebih keruh warnanya dibandingkan yang botol KIRI.  Untuk bau nya botol Kiri lebih kuat bau apeknya, ketimbang CL yang aku dapat dari konter.


 Kalo botolnya gimana?? 

well, untuk hal ini susyaahhhh bangettt karena asumsi ku sih ya penjual penjual palsu itu pake botol - botol bekas trial set/mini size yang dibuang customer pengguna SK2. Bahkan di kotak SK2 nya juga ada peringatan untuk tidak membuang botolnya.




foto diatas waktu aku tracking kode barcode nya dan cocok !!!

Sebelum aku sadar kena tipu ini aku pikir karena di label nya bisa ke tracking tu nomor barcode nya berarti ori .. yah ternyata ga kepikiran bisa aja kan mereka nyampurin cairan nya atau dikurangin, terus di tambah sama cairan apa gitu,, terus cairan yang diipisahin tadi di taro lagi di botol mini size berikutnya. Makanya baunya tajem banget. -__-

Saran dari aku adalah :

* Beli dulu SK2 yang basic di konter resmi , supaya kalian bisa tahu oh yang dari konter begini toh 
* Cari Seller yang benar benar terpercaya misalnya dia juga berani posting saat lagi borong sk2 jualannya di konter SK2, atau tanya aja langsung si Seller beli dimana SK2 nya kok bisa lebih murah
* Jangan bandel kek aku ya..kalo udah dapat Seller terpercaya yaudah langganan aja disitu kalau pengen beli SK2 dibawah harga konter

Aku ga bilang semua produk SK2 yang di online shop palsu loh, aku juga ga mau share nama Seller nya, karena apapun yang aku post di atas belum di tes kandungannya bener bener kan (aku kan bukan anak kimiaaa). Tapi apa yang aku tulis ini ya berdasarkan apa yang aku lihat dan aku alamin tanpa mengurangi sesuatu apapun. 

Jadi kapok ga beli SK2 Online ?? 

GAAAA ^_^ 

Diantara produk produk tipuan itu pasti ada kok sis seller yang jual produk Asli, 
Semoga info info ini bermanfaat ya sissss ^^

sampai ketemu di artikel berikutnya ...









78 komentar:

  1. Ampun deh sk II dipalsuin juga...udah deh ini mah makin yakin di counter aja belinya biar lebih mahal tapi engga bikin nyesel belakangan, makasih infonyaa~ ^_^

    www.leeviahan.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama sis iya mending beli langsung di konter sisss...

      Hapus
    2. Skii_world di ig ori kak setauku

      Hapus
    3. Tapi aku coba beli FTE 75ml nya di skii_world bener2 ga worth it banget :( udah gitu cleansernya cair gitu gak kayak yg sebelumnya aku beli, creamy :(

      Hapus
    4. SK di beauty haul indo di IG ori ga kak?

      Hapus
    5. Di skii_indonesia88 ori kak.. aku beli udh langganan brangnya emang sama kaya counter ada tag sogo nya

      Hapus
    6. 😭pengen nyoba beli, tapi ga tau beli di olshop mana, takut ketipu

      Hapus
    7. SkII_indonesia88 itu ol nya dmn ka

      Hapus
  2. dari bentuk botol aku lihat difoto juga agak beda, atau perasaan aku aja? thx u ka infonya:)

    http://isthiutamid.blogspot.co.id/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo botol aku kurang pasti say, dari ukuran sampe ke tutup botolnya sama, udah gitu ada barcode nya yg bs kita track jugaaaa.

      Cm tone warna tulisan facial treatment nya sedikit berbeda tp baru ketara klo diperhatikan banget. Klo sekilas g keliatannnn

      Hapus
    2. Kalau skii ada yg item ma merah tulisan nya tuh gmna ya kak

      Hapus
  3. Waa serem banget ya. Bukan cuma makeup tapi skincare juga. Makin kesini harus makin hati - hati ya

    sweetsourbittersaltyy.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya say mesti ati ati bangettttttt 😊

      Makasih udah baca yaaa...

      Hapus
    2. mau beralih nih pke sk ii cma kalo untuk ke cnternya jauh bngt di kota ku ga ada, atau siapa tau kaka tau di online shop mana yg ori ?

      Hapus
    3. Ihda rifa coba beli di langganan ku di skii_indonesia88 klo ga salah namanya itu.. ori disana asa tag counter sogo metronya aku dah 4 tahun beli disana slalu ori

      Hapus
    4. Go ga nemu skii_indonesia88 belimya lewat apa

      Hapus
  4. Waa serem banget ya. Bukan cuma makeup tapi skincare juga. Makin kesini harus makin hati - hati ya

    sweetsourbittersaltyy.blogspot.co.id

    BalasHapus
  5. wiiihhh serem juga kalo kosmetik palsu >_<

    tapi bner saya acungin jempol buat orang yang bikin KW nya, saya sendiri susah tuh mbak ngebedainnya, tapi mungkin kalo liat langsung saya bisa tau nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo botol yg mini size atau trial size nya susah ngebedainnya, krn sampe ada barcode dan cetakan tulisan jepang nya juga.. Tp klo diperhatiin lbh deket tone wrna tulisannya agak beda, cuma ttp susah ngebedainnya klo g da patokan yg langsung dari konter.

      Atau ya seperti asumsiku bs aja pake botol ori yg minisize tp cairan isinya aja dicampur..

      Hapus
    2. mbak bisa kasih link ol.shop yg mbak percaya kira2 itu asli?

      Hapus
  6. Bagusss postingannya, postingan yang aku tunggu selama iniiii. Makasih infonya yaa mbaak :D

    www.yubikanobi.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seneng bisa share.. Trimakasih udh baca yaaa..

      Hapus
  7. Oh jadi gitu bedainnya. Ini tips berharga banget! Makasih ya Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama say aku jg seneng bs saling share.. Lebih hati hati.
      Makasih udah baca..

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  8. maaf say, sudah dikonfirmasi dengan penjual di tokopedia blm?
    selama ini pakai ga ada masalah dengan yang dijual online tetapi yang terpercaya, bukan yang harga termurah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sdh tapi ga dibalas sama sekali, aku skrg langganannya di SK2 WORLD aja ada di IG, dijamin ori soalnya.

      Hapus
    2. sk2world atau skii_world ka ? soalnya ada 2

      Hapus
    3. Langganan ku di skii_indonesia88..dia ori tp lebih murah dri si sk2world itu atau skii world .. barangnya sama2 ori.. aku dlu juga udh cari olshop langganan akhirnya ke skii indonesia88 juga garansi uang kembali juga

      Hapus
  9. Huaa.. Aku abis belii say.. Aku cek kok error mulu ya.. Hikss

    BalasHapus
  10. Malam mau tanya, aku habis beli sk ii di ig, terus waktu cek asli atau palsunya eror terus,dan di tanggal exp ada kaya tempelan gtu bukan bawaan dari botol.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hem aku sejauh ini klo beli itu kode expirenya kek cetakan gt mba, tp gtau jg y mba ,g bs ditentukan cm dgn itu aja soalnya

      Hapus
  11. Terima kasih atas infonya sis, jadi ada pencerahan ttng produk sk ii aspal. Soalnya saya juga sempet ngalami derita yang sama sis, purging di atas bibir sudut kanan, smp 6 bulan sis ngk ilang ilang mana gatel lagi.ngenes klo inget waktu itu nyesek di dada. lihat wajah yg dulunya bersih skrng malah jerawatan. Gegaranya pake sk ii yang dapat oleh oleh dari bos saya orang jepang. Awalnya percaya kalau produknya pasti asli. Soalnya pikirku pasti belinya di dfs, tapi setelah lihat video yg sis unggah di youtube baru deh kepikiran untuk nge tes, eh ternyata busanya susah ilang jg :(
    Anyways terima kasih banyak ya sis blognya sangat membantu.

    BalasHapus
  12. Terima kasih atas infonya sis, jadi ada pencerahan ttng produk sk ii aspal. Soalnya saya juga sempet ngalami derita yang sama sis, purging di atas bibir sudut kanan, smp 6 bulan sis ngk ilang ilang mana gatel lagi.ngenes klo inget waktu itu nyesek di dada. lihat wajah yg dulunya bersih skrng malah jerawatan. Gegaranya pake sk ii yang dapat oleh oleh dari bos saya orang jepang. Awalnya percaya kalau produknya pasti asli. Soalnya pikirku pasti belinya di dfs, tapi setelah lihat video yg sis unggah di youtube baru deh kepikiran untuk nge tes, eh ternyata busanya susah ilang jg :(
    Anyways terima kasih banyak ya sis blognya sangat membantu.

    BalasHapus
  13. Hai kak,nice info nih
    Barusan paket skii ku oleh hasil beli via online cm yg travel size,abis it ak check di checkcosmetics.net kog error trs ya,kira2 asli ga ya ? Pdhl ak liat review di FD katanya sih di ori gt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sist aku juga hari itu beli inline di lazada trus ku cek eh gak bisa error gitu jadi bingung asli atau enggak

      Hapus
  14. Kak boleh tau beli online sk ii ori dmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sk2world aku skrg bli disitu trus klo online

      Hapus
    2. Mbak maaf mau tanya ig sk2world yg pengiriman dari bandung y mbak yg jual produk emk jg..trims

      Hapus
    3. Mbak maaf mau tanya ig sk2world yg pengiriman dari bandung y mbak yg jual produk emk jg..trims

      Hapus
    4. Hehhe keknya jkt deh mba, tp gtau klo ownrrnya pindahan heheh

      Hapus
    5. ada 2 account di ig mb, skii_world sama sk2world. Kalau skii_world basic di jakarta, sedangkan sk2world basic di bandung. Yang mb suci biasa pesan dimana ya. mohon info nya ya mb. terima kasih

      Hapus
    6. Iy benar ada 2, ka belinya dimana ya? Jkrt atau bndung..

      Hapus
    7. Iya ni yg mana y mba suci, yg bndung apa jkt ya.. Sk2 atau skii_world ya

      Hapus
    8. Kak Suci kalo yg d Tokopedia seller SK-II Lover Shop itu ori ga yah kak ?

      Hapus
  15. Beberapa hari lalu baru pesan sk2 whitening source clear lotion 150ml dari ebay hrg, sekitar 600rb. Di counter n seller lainnya hrg sekisaran 1jtan. Jadi khawatir nih.
    Thanks buat informasinya

    BalasHapus
  16. saya pakai sk II udah dua tahun lalu, tapi ya gitu pake lepas pake lepas ganti2, karena suka ga tahan purgingnya yang ga selese2. Bulan lalu diniati beli langsung di counternya, dan setelah 2 tahun berkutat sama sk Il saya baru sadar selama ini kalo beli sk II warnanya agak beda. SK II yang beli di counter warnanya sedikit lebih kuning. Klo berbuih sama bau sih ga sempet nyobain keburu yang aq beli dionline jatoh dan pecah. Bisa jadi sk IInya dioplos air biasa jadi baunya tetep ada tapi warnanya ga kuning ��

    BalasHapus
  17. Nah, nah ini dia,aku takut ketipu barusan beli cdex soalnya,harganya murah banget soalnya heeee,ntar kalau nyampe barangnya langsung aku cek deh

    Makasih infonya bermanfaat banget

    BalasHapus
  18. Baru masuk kerja enakan pengen beli beginian (skincare) lihat dan baca artikel ini sgt membantu sekali. Kan banyak ya kerja nabung kumpulin duit buat beli skincare mahal2 eh pas dibelinya ternyata kw/palsu. Ampyun kesel bgt tuh ya 😌

    Btw thanks mau share pengalaman sis

    BalasHapus
  19. Ka mau tanya dong, kalau di counter resminya ada SKII yang mini gak ka?skitar 30 ml?soalnya untuk pemula, jadi mau nyoba yang kecil dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga bisa hrus beli paketan viasanya yg mini itu bonus deh

      Hapus
  20. Terimakasih kak, sangat membantu... :)

    BalasHapus
  21. Kak kalo yg di jual di Rakuten (olshop Jepang) ori ga yahh? Nama shop nya pun SK-II公式ショップ(Toko Resmi SK-II)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blm pernah beli disitu say klo awal mending beli konter langsung aja

      Hapus
  22. Kalau menurut aku klaim ini ga 100% benar. Perbandingan size utk tesnya harus sama, jadi kalau bandingin 1 bitib yg dipraduga ORI dan fake ya standardnya harus sama. Kalau perbandingan 1 botol ORI, yg fake ya 1 botol. Krn apa?. Supaya kita tau konsentrasi bubble ke duanya juga bagaimana dg size yg sama. Kalau size ga sama yg jelas konsentrasi bubble juga ga sama. Pengalaman aku waktu beli di konter resminya KL warna fte nya lebih kuning dr indo. Mungkin distribusi market beda, utk region yg berbeda, suhu penyimpanan, suhu pengiriman dll itu ngaruh sih. Coba aja belanja di Watson online, mereka punya legal disclaimer jika warna, packaging bisa jadi beda Krn region marketing, kebijakan manufaktur dll. Jadi ya kalau mau ��% yakin ya harus tes lab.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi bisa ga mba,, selain itu aku g rela buang2 fte asli ku wkwkkwwk ��

      Tapi so far aku sejak itu selalu tes loh fte mini di olshop langganan aku dan hasilnya sama dgn kuantiti cairan di botol penuh sampe hampir habis (kebiasan sblm pake diguncang dulu), dan bubble nya cepat menghilang.

      Hapus
    2. Setuju banget sis, boleh tau link watsonnya sis. Karna aku ga nemu hehe

      Hapus
  23. Halo tmn2 maaf aku g bs srg2 cek blog, saran penting utk newbi yg mau pake sk2 mending beli dulu di konter yaaa supaya kalian bisa hapalin tu baunya, bentuknya, sama harganya 😂

    Habis itu br deh coba hunting seller di ecommerce atau ig yg menurut kalian bs dipercaya , coba dlu yg ukuran mini biar g nyesel..

    BalasHapus
  24. Aku mau tanya dong sis sambil sharing" sedikit...Aku kan beli SK-II Basic di Love By April, nah aku knal olshop itu krn baca artikel ttg olshop SK-II terpercaya (jual barang ori) dan Love by April itu salah satu olshopnya, Setelah saya beli, sy cek kodenya valid, cairan FTE nya lebih keruh kuning dibanding yang CL, aromanya tdk bgt tajam tp aroma kayak khas mawar gt, cairan tdk terlalu encer, saat aku aplikasikan ke kulit Wajah juga kayak lengket" dan bau masam gitu (seperti review dr slh satu blogger yg pke SK-II dr konter), dan Bahkan efeknya pun juga lumayan krn skrg bintik" yg menonjol pada hilang dan muka saya lbh halus saat di raba....Cuma pas saya kocok hingga berbusa tapi kok Busanya Ilang sih, cuma ga secepet di vidio itu sis....APAKAH ITU BARANG KW ?

    Andai itu barang KW, apakah berdampak buruk untuk kulit saya ?? Masalahnya udh habis setengh botol :(

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Hai sis suci,,, aq jg sama nih sama kyk komen di atas efek bgus,, bau ga nyengat, tp pas d kocok agak lama jg ilang buihnya... dannnnn aq cb masukin kode fte yg blakang botol dkt tulisan jpang thu yg 90xxxx ada di cosmetic calkulator.. yg angka di pantat potol jg aq cb masukin, ada di cosmetic calkulator.. tp dgn tgl produksi berbeda... apa punya sis suci juga klo angka yg d blkg sm d pantat botol pas d masukin ke calculator cometic sama manuf date nya atau kah beda?

    BalasHapus
  27. padahal aku ini mau beli di online shop dan kepikiran buat cari review asli dan palsunya.. untung belum belii :)
    thanks kak <3

    BalasHapus
  28. Pertama, aku dapet sampel 10ml dari konter SkII sogo taman anggrek, terus coba beli online. Baru banget beli, pas dikocok buihnya cepet banget hilang. Warnanya agak kuning, baunya sama sih menurutku kaya yg dari konter. Ga terlalu menyengat. Aku yakin ini ori sih, soalnya si owner star seller gitu olshopnya, harganya kebetulan diskon jd kubeli. Moga beneran ori 🙏

    BalasHapus
  29. Setuju sis, boleh minta link watsonnya sis? Karna aku ga nemu hehe

    BalasHapus
  30. Kalau di daerah saya yg ndak ada 1pun counter nya skii susah dong ka' klo ndak beli onlen shoop

    BalasHapus
  31. Sy beli di counter dan olshop... hiks bener yg olshop buihnya gampang ilang

    BalasHapus
  32. Ka klo sk2 cellumination day surge uv asli dan palsu ciri2nya apa ya?

    BalasHapus
  33. Ko ngerasa aku banget yah. Aku beli yang murah tapi mau 3 bulan jerawat ga ngilang2 tadinya kulit aku baik2 aja sekarang jerawatnya banyak trus pada sakit2 😭

    BalasHapus
  34. Aku baru beli dan aku coba kocok ternyata bisanya gak ilang 😫😫😭 langsung lemes dah, mana lagi order lagi 😭 😭

    BalasHapus
  35. Kalo di shopee nm sellernya apa ya yg ori ,mksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Pernah beli di muwyshop di shoppee atau di IG ada. Tapi emang mepet expired date tapi produknya original. Makanya bisa harga murah. Jd lebih aman aku order di Sociolla, ada diskon juga free ongkir

      Hapus
  36. Aku kemarin beli sk2 online, dan original (bisa yakin ori karena pernah ada customer yg bawa produknya ke counter, dan spgnya pun bilang ori)
    Cuma karena beberapa hari itu panas banget, dan paketku dikirim pakai bubble wrap & plastik warna hitam, alhasil sampai rumahku ada yg beda dengan aroma & teksturnya
    Aku sempat klaim ke sellernya, dan dia saranin masukin kulkas dulu
    Aku coba masukin kulkas, Alhamdulillah yah habis di kulkasin jadi balik normal lagi aroma & teksturnya

    Aku dulu pernah belajar ttg reaksi kimia gitu, memang ada beberapa bahan kimia yg kl kena panas dg suhu tertentu bisa berubah, baik itu tekstur, aroma dll
    Dan sk2 ku ini waktu aku terima memang kepanasan, dari kemasan sampe isinya waktu aku cobain jg anget gitu
    Setau aku juga hampir semua produk skin care harus dijauhkan dari sinar matahari langsung, dan disimpan di tempat yg sejuk

    Jadi, sebetulnya ga bisa langsung kita judge produk ini palsu atau asli kl belum tes ke lab
    Karena banyak faktor xxxxxx yg bisa bikin produk ini berubah baik itu aroma/teksturnya
    Dan untuk website yg ngecek produk ini asli atau palsu, aku pernah punya produk asli counter, dicek di web itu ga keluar datanya wkwkwkwk jadi sebetulnya jg ga valid sih
    Terus jg banyak sih yg pake sk2 original counter dan berakhir breakout, bisa jadi karena kulitnya memang ga cocok dg bahannya sk2, skin care mahal ga menjamin hasil ya wkwkwkwk aku pernah coba guerlain dan jerawatan wkwkwk

    Saran aja sih, kl mau yg yakin asli beli di counter
    Misal dicek kodenya ga keluar tandanya si webnya ga valid itu datanya
    Misal kulitnya jadi breakout ya berarti ga cocok

    Mohon maaf kl ada yg salah, mungkin bisa dikoreksi

    BalasHapus